Rangkaian Saklar Sensor Suara dengan Output Relay

Pernahkah Anda berfikir untuk menghidupkan suatu perangkat listrik menggunakan suara atau tepukan? Seperti menghidupkan lampu, bel atau yang lainnya. Jika iya maka Anda perlu mencoba rangkaian sensor suara yang dibangun menggunakan IC 555 dan IC 4017.

Skema Rangkaian

Rangkaian Saklar Sensor SuaraRangkaian Saklar Sensor Suara

Cara Kerja Rangkaian

Rangkaian ini dibangun dari IC 555 dan IC 4017 dengan menambahkan rangkaian amplifier untuk menguatkan sinyal yang dihasilkan oleh mic condenser. Mic condenser akan menangkap gelombang suara yang dihasilkan dari luar yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik. Sinyal tersebut akan diteruskan ke amplifier yang terdiri dari beberapa transistor untuk dikuatkan agar dapat terbaca oleh IC 555.

IC 555 akan mengolah sinyal tersebut untuk menghasilkan pulsa non periodik yang bergantung dari gelombang suara yang didapatkan oleh mic condenser. Pulsa yang dihasilkan tadi akan diteruskan ke IC 4017 yang berfungsi sebagai decade counter (penghitung interval) untuk menghasilkan output yang aktif secara bergantian.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Setiap Pin IC4017

Pada dasarnya IC 4017 dapat menjalankan 10 output sekaligus, namun dalam kasus ini dibatasi hanya 3 output saja yang digunakan (Q0, Q1, Q2). Hal ini dapat terlihat dari skema rangkaian bahwa pada Q3 terhubung ke pin reset yang akan mengatur siklus pengulangan pada output ke-3.

Penggunaan 3 buah output dimaksudkan untuk meminimalisir ketidakstabilan keluaran yang diakibatkan oleh mic condenser. Output 0 dan 1 terhubung ke LED yang berfungsi sebagai indikator sebelum relay aktif, sedangkan output 2 terhubung ke transistor yang akan mengaktifkan relay sehingga kita dapat memasang berbagai beban listrik yang diinginkan.

Hal yang Harus Diperhatikan

  1. Jika rangkaian dinyalakan maka lampu led biru akan hidup, jika mendektesi suara, maka lampu led merah yang hidup, jika mendektesi suara lagi, maka relay akan on.
  2. Jika suara yang terdektesi terlalu banyak, keras atau lama, maka output rangkaian menjadi kurang stabil. Untuk itu rangkaian ini hanya cocok digunakan disuasana yang minim noise.
  3. Anda dapat mengatur sensitivitas mic dengan mengubah nilai R2.

Gambar Layout PCB

Layout Rangkaian Sensor SuaraPenjaluran & Tata Letak Rangkaian Sensor Suara