Rangkaian Power Amplifier BTL IC TDA2030

Amplifier BTL TDA 2030 merupakan rangkaian penguat suara dengan menggabungkan 2 buah power amplifier sekali gus. Caranya adalah dengan melakukan bridge yakni menghubungkan input (+) amplifier 1 ke input (-) amplifier 2 dan juga input (-) amplifier 1 ke input positif (+) 2.

BTL sendiri merupakan singkatan dari Bridge-Tied Load. Rangkaian Power Amplifier BTL ini menggunakan IC TDA2030 yang memiliki daya yg cukup besar, sehingga mesti dipasangkan heatsink atau pendingin yang besar pula. Berikut rangkaian Power Amplifier BTL TDA2030.

Skema Rangkaian

Rangkaian Ampliefier BTL TDA 2030Rangkaian Ampliefier BTL TDA 2030

Rangkaian Power Amplifier BTL TDA2030 ini menggunakan supply tegangan +15 volt – 0 – -15 volt DC, sehingga trafo yang digunakan adalah trafo CT. Untuk arusnya sendiri, saya gunakan trafo yang 5 ampere, untuk itu dioda catu dayanya gunakan yang 5 ampere.

Rangkaian Amplifier ini menggunakan 2 buah power yang digabungkan dengan sistem bridge (jembatan). Sehingga, jika salah satu power mengalami kesalahan atau kerusakan, maka suara yang dihasilkan tidak normal. Sebenarnya rangkaian ini, bisa digunakan hanya dengan menggunakan 1 buah IC saja, dengan cara, salah satu output speaker langsung dihubungkan ke ground.

Dari hasil percobaan saya dalam membuat Rangkaian Power Amplifier BTL TDA2030 ini, suara yang dihasilkan cukup besar, hal ini terjadi karena sinyal amplitudo yang masuk ke speaker 2 kali lebih besar secara teoritis. Hal yang perlu diingat juga, loudspeaker harus dihubungkan ke masing-masing amplifier dan bukan terhadap ground. Kecuali anda ingin memodifikasinya menjadi stereo.

Rangkaian Power Amplifier BTL ini seperti yang saya katakan sebelumnya, menggunakan IC TDA2030 yang memiliki daya cukup besar. Pada saat anda menyalakan rangkaian ini, jangan heran kalau panas yang dihasilkan oleh IC TDA2030 ini sangat panas, untuk itu gunakanlah heatsink yang besar juga untuk mengantisipasi terjadinya overheat pada IC.