Rangkaian Pengisian Bak Air Otomatis Pada Pompa Air

Rangkaian pengisian bak air otomatis atau disebut juga dengan rangkaian sensor ketinggian pada bak air merupakan sebuah alat yang dapat mengisi bak air secara otomatis ketika kosong dan berhenti mengisi ketika air sudah penuh. Rangkaian ini bermanfaat digunakan pada rumah tangga untuk meminimalisir kelupaan saat melakukan pengisisan pada bak air sehingga pompa tidak mengisi terus menurus saat bak sudah penuh.

Bicara mengenai rangkaian, rangkaian ini menggunakan IC NE555 sebagai komponen utamanya. Rangkaian ini juga menggunakan 3 buah plat sensor yang terbuat dari kabel atau kawat yang kemudian akan disambungkan ke bak air, atau tempat penampungan air. Rangkaian ini memerlukan tegangan suplai sebesar 9 – 12 Volt DC agar dapat berkerja secara optimal.

Skema Rangkaian

Rangkaian Sensor Pompa Air

Skema Rangkaian Pengisian Bak Air Otomatis

Cara Kerja Rangkaian

Rangkaian pengisian bak air otomatis tersebut berkerja dengan memanfaatkan resistansi air. Air biasanya memiliki resistansi atau nilai hambatan sebesar ± 10K Ohm, tentu nilai tersebut relatif seberapa besar jarak yang diukur diantara 2 titik ukur. Air pada rangkaian juga berperan sebagai media penghantar yang menghubungkan plat sensor 1, 2 dan 3.

Output plat sensor 1 dihubungkan pada dasar bak air sebagai titik terendah level sensor, output sensor 2 biasanya diletakan ditengah bak air sedangkan output sensor 3 di letakan di paling atas atau batas level pengisian air.

Pemasangan Sensor Ketinggian Bak Air

Gambar Penempatan Plat Sensor Pada Bak Air

Ketika air baru menyentuh plat sensor 1 atau 2, output IC 555 akan berlogika 1 sehingga mengaktifkan relay melalui transistor T1. Dalam kondisi tersebut pompa air akan otomatis aktif dan mulai mengisi, hingga air menyentuh plat sensor 2 dan 3. Ketika air menyentuh plat sensor 3, kaki 6 IC akan terpicu oleh VCC sehingga mengakibatkan output IC berlogika 0 sehingga mematikan relay dan pompa air.

Saat pompa air sudah penuh maka otomatis pompa akan berhenti berkerja.  Apabila air pada bak digunakan hingga air berada pada level dibawah plat sensor 2, maka otomatis triger akan terpicu oleh GND melalui R3 sehingga IC akan kembali berlogika 1 dan mengaktifkan pompa air hingga bak air tersebut penuh.

Dokumentasi Penulis

Penulis sendiri telah membuat rancangan fisik rangkaian tersebut dan telah dikemas sedemikian rupa dalam project box sehingga mudah untuk digunakan. Rangkaian tersebut di suplai dengan tegangan 12 volt DC dan sedikit dimodifikasi dengan menambahkan beberapa indikator seperti LED dan buzzer.

Dokumentasi 1 Rancangan Alat Pengisian Bak Air OtomatisTampak Dalam Rancangan Alat Pengisian Bak Air Otomatis

Dokumentasi 2 Rancangan Alat Pengisian Bak Air OtomatisTampak Depan Alat

Dokumentasi 3 Rancangan Alat Pengisian Bak Air OtomatisTampak Belakang Alat